Monday, August 23, 2010

Amalan di bulan Ramadhan

Sahabat Hikmah…
Dalam bulan Ramadhan, marilah mulai sekarang kita memanfaatkan setiap waktu yang ada untuk meMULIAkan diri kita di hadapan Allah dengan beramal, yang menurut kita amalan itu KECIL tetapi di hadapan ALLAH merupakan amalan yang SANGAT BESAR…dan akan MENYELAMATKAN diri kita di dunia dan akhirat.

Dari Abu Malik Al-Harits bin Ashim Al-Asy’ari radhiyallaahu ‘anhu, Dia berkata: Rasulullah solallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

* BERSUCI adalah separuh dari keImanan,

*Bacaan ‘ALHAMDULILLAAH’ akan memenuhi beratnya timbangan (di akhirat),

*Bacaan ‘SUBHANALLAAH WALHAMDULILLAAH’ akan memenuhi ruangan langit dan bumi,

*SHOLAT adalah NUUR,

*SHADAQAH itu merupakan BURHAN,

*SHABAR itu merupakan DHIYA' ,

*Dan Al QUR’AN itu merupakan HUJJAH yang akan menjadi saksi atasmu atau membelamu.

Setiap jiwa manusia melakukan AMAL untuk menJUAL dirinya, maka sebagian mereka ada yang memBEBASkannya (dari siksa Allah) dan sebagian lain ada yang menJERUMUSkannya (dalam siksa-Nya).”

(HR Muslim)

Makna Hadits di atas adalah:

# Bersuci Adalah Separuh Iman
Ulama berbeda pendapat tentang makna bersuci merupakan separuh iman. Dua pendapat yang paling masyhur adalah:

Bersuci diartikan dengan bersuci dari najis maknawi, yaitu dosa-dosa, baik dosa batin maupun dosa zhahir. Karena iman ada dua bentuk, yaitu MENINGGALKAN dan MELAKUKAN, maka tatkala sudah meninggalkan dosa-dosa bererti sudah memenuhi separuh iman.

Bersuci diartikan dengan bersuci dengan air. Bersuci dengan air ada dua macam, yaitu bersuci dari hadats kecil dan hadats besar. Bila bersuci diartikan dengan suci dari hadats kecil dan hadats besar maka yang dimaksud dengan iman adalah solat. Jadi bersuci itu separuh dari solat. Solat dikatakan sebagai iman karena merupakan pokok amalan iman.

# “Alhamdulillah” Memenuhi Timbangan. “Alhamdulillah” adalah pujian bagi Allah atas seluruh kesempurnaan-Nya. Allah terpuji dalam lima hal sebagai berikut :
1. Terpuji karena kesempurnaan rububiyah-Nya.
2. Terpuji karena kesempurnaan uluhiyah-Nya.
3. Terpuji karena kesempurnaan asma dan sifat-Nya.
4. Terpuji karena kesempurnaan takdir-Nya.
5. Terpuji karena kesempurnaan syariat-Nya.

“Alhamdulillah” memenuhi timbangan dapat diartikan dengan dua penafsiran yaitu : Amalan yang lainnya diletakkan dalam timbangan terlebih dahulu kemudian “alhamdulillah”, maka penuhlah timbangan.

# ”Alhamdulillah” sebagai pasangan dari “subhanallah”. Agama sempurna dengan dua hal, itsbat dan tanzih. “Alhamdulillah” merupakan itsbat dan “subhanallah” merupakan tanzih. Maka jika “subhanAlloh” diletakkan dalam timbangan kemudian baru “alhamdulillah” penuhlah timbangan dan dengan dua kalimat itu akan memenuhi ruangan langit dan bumi.

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Ada dua kalimat yang ringan pada lisan -yakni mudah diucapkan, tetapi berat sekali dalam timbangan -di akhirat-, dicintai oleh Allah Maria Pengasih, yaitu Subhanallah wa bihamdih dan Subhanallahil 'azhim." Artinya: Maha Suci Allah dan dengan mengucapkan puji-pujian padaNya dan Maha Suci Allah yang Maha Agung. (Muttafaq 'alaih)

# Solat Sebagai Nur, Sodaqoh Sebagai Burhan dan Sabar Sebagai Dhiya'
Nur adalah cahaya yang tidak memancarkan sinar.
Burhan adalah cahaya yang memancarkan sinar namun tidak menyengat.
Dhiya’ adalah cahaya yang memancarkan sinar yang menyengat, dan membakar.

Solat dikatakan sebagai nur karena di dalamnya terdapat ketenangan.
Sodaqoh dikatakan sebagai burhan, karena di dalamnya terdapat keberkatan.
Sabar dikatakan sebagai dhiya’ karena di dalamnya terdapat keberkatan yang sangat sangat besar.

p/s: EMPAT TANDA KESEMPURNAAN : ILMU DENGAN MANFAAT , AGAMA DENGAN TAQWA , AMAL DENGAN NIAT SERTA KEMULIAAN DENGAN KELEBIHAN .

No comments:

Labels

Adam (7) Alaf21 (2) Award (10) Beble (43) Ben Ashaari (6) Blog (20) blurr (13) Bola (1) borang (2) Buffered Earning (2) Cikgu (16) Cinta (13) Class (11) Comel (5) Contest (37) Dakwah (15) Entertainment (9) Exercises (23) Fakta (28) Famili (15) Follower (4) Food (1) Form1 (8) Form2 (11) Form3 (11) Form5 (18) Formulae (23) Friends (13) Funny (15) Gempak (6) Giveaway (44) Guru (11) Hawa (12) Hlovate (3) Iklan (10) induksi (2) interview (2) Jemari Seni (2) Jiwa Kacau (37) Jurulatih Utama (3) Kereta (5) Kertas 1 (4) Kiwi (38) Koleksi Soalan SPM Matematik (12) Koleksi Soalan Ulangan SPM (11) Komik (2) Kucing (8) Latihan (8) Link (4) Lyrics (3) Matematik (4) Mathematics (38) Motivasi (21) Movie (1) Notes (27) Novel (4) Nuffnang (7) Panas (12) Past Year Questions (19) PBS (10) Petua (2) PT3 (4) Puisi Kreatif (13) RAM (1) rpt (9) Segmen (16) Sekolah (44) Senarai semak (5) senarai semak pbs (6) SPM (19) SPM Math Form 5 (12) SPMU (11) spp (1) Story (26) Student (34) Surat (5) Tagged (18) Tazkirah (30) Tips (51) Tutorial (19) Wordless Wednesday (4)